headerphoto

Ponpes Imam Syuhodo Sukoharjo Membuka Penerimaan Santri Baru

Senin, 6 Juni 2011 16:46:12 - oleh : admin

PENDAHULUAN :
Pondok pesantren modern imam syuhodo Muhammadiyah Cabang Blimbing Daerah Sukoharjo adalah salah satu Pesantren Modern yang didirikan pada tahun 1995 silam. Terletak di Desa Wonorejo, Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Sesuai dengan tujuan didirikan pesantren ini guna mencetak kader Persyarikatan khususnya dan Islam pada umumnya yang TAQWA, PRESTASI dan MANDIRI. Dengan harapan sistem pendidikan yang semakin baik, pondok pesantren modern imam syuhodo mampu menjadi ISLAMIC CENTRE sebagai solusi problematika umat. Dan Alhamdulillah harapan itu kian nampak terbukti telah mengalirnya wakaf yang luar biasa dari umat bagi perkembangan Pondok Pesantren ini, serta minat warga untuk mempercayakan putra-putri mereka semakin besar terhadap pesantren ini. Tentunya ini tidak lepas dari doa dan dukungan semua pihak serta Ridho Alloh SWT.

VISI DAN MISI PESANTREN :
* VISI
Terwujudnya Alumni santri yang memiliki keimanan benar, intelektual dan moral tinggi, mempunyai semangat juang untuk selalu beramar ma’ruf nahi mungkar hingga terciptanya masyarakat yang diridhloi Alloh SWT.

* MISI
1. Menyelenggarakan proses pendidikan yang berorientasi pada pemahaman dan pendalaman agama islam secara benar
2. Meningkatkan kinerja pondok Pesantren Modern yang berbasis pada profesional yang islami untuk menghasilkan suasana kehidupan pondok pesantren yang kondusif dan maju
3. Menumbuh kembangkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan yang berbasis kepesantrenan (keseimbangan antara iman dan ilmu pengetahuan)

MOTTO :
TAQWA-PRESTASI-MANDIRI

KURIKULUM TERPADU :
Memadukan kurikulum kementrian Pendidikan Nasional (umum) dengan Kurikulum khas pesantren dengan serta kurikulum kementrian Agama

KEGIATAN PEMBELAJARAN :
Kegiatan pembelajaran yang komprehensif sebagai upaya system pendidikan yang ideal. Oleh karena itu pembelajaran kami melaksanakan INDOR (KBM,SEMINAR, TRAINING MOTIVASI) OUTDOR ( OUTING CLASS, PRAKTIKUM) dan OUTBOND ( Sebagai wahana menumbuhkan rasa percaya diri dan sikap kepemimpinan).

PENGASUH DAN TENAGA PENDIDIK
Pondok Pesantren Imam Syuhodo diasuh oleh para Alumni Pondok Pesantren Imam Syuhodo, dan beberapa Pondok yang lain. Serta dibantu oleh tenaga pendidik dari sarjana-sarjana UGM, UNS, UMS, IAIN, Lulusan LIPIA Jakarta, Lulusan Al-Azhar Mesir, Lulusan Universitas Baghdad Irak.

UNIT YANG DIKELOLA :
* Unit MTs ( Terakriditasi A )
* Unit Takhosus
* Unit SMA (Terakridatasi B)
* Unit SMK ( Jurusan Teknik Otomotif )

KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
1. FORUM OLIMPIADE MATEMATIKA DAN SAINS
(Santriwan/santriwati sedang mengikuti pembinaan dan bimbingan olimpiade matematika, fisika dan biologi sebagai wahana mewadahi minat mereka dibidang ilmu pengetahuan. Sekaligus menjadi duta sekolah dalam ajang kompetisi Olimpiade)
2. ENGLISH CLUB DAN HALAQOH AROBIYAH
(suasana diskusi dalam kelompok dengan bahasa inggris dan arab. Sebagai pendukung nuansa kental pesantren yang mengedepankan bahasa sebagai “mahkotanya pondok”. Diharapkan dapat menjadi bekal di masa yang akan datang)
3. TAPAK SUCI DAN HW PUTRA MUHAMMADIYAH
(Akal yang cerdas terletak pada jiwa yang sehat pula, selain sebagai penjaga diri tapak suci dan HW putra Muhammadiyah juga penyeimbangan kebugaran santri untuk tetap fit melaksanakan aktivitas pesantren yang padat, serta melatih sikap disiplin santri)
4. LATIHAN PIDATO MULTILINGUAL (Bahasa Indonesia, Arab, Inggris)
(Santri adalah calon DA’I yang siap terjun kemasyarakat. Maka bekal mental dan kemampuan pidato mutlak diperlukan. Kegiatan rutin dan terprogram latihan pidato diharapkan mampu mencetak da’i-da’I yang siap terjun dimasyaraakat sebagai jawaban atas adanya krisis ulama di Muhammadiyah)
5. PEMBINAAN OLAH RAGA
Sebagai seorang muslim memiliki badan yang sehat sangat dianjurkan. Karena disitulah terdapat akal yang sehat pula. Pembinaan olah raga santri di sore hari di maksudkan selain menjaga kebugaran santri juga untuk menyalurkan minat dan bakat mereka yang gemar olah raga. Pembinaan yang ada meliputi sepak bola, Bola Voli, Bulu Tangkis dll.
6. TAHFIDZUL QUR’AN
Selain potensi akademik yang di galakan, perlu penyeimbangan beruba asupan ruhiyah. Santri yang mengikuti halaqoh tahfidz sedang mengadakan murojaah hafalan kepada ustadz pengampu.
7. SANGGAR KALIGRAFI
Seni Kaligrafi merupakan salah satu corak kas sebuah pesantren. Dengan diadakannya sanggar kaligrafi diharapkan para santri terlengkapi skill seni islami.

WAKTU PENDAFTARAN :
Tanggal 16 – 30 Juni 2011

WAKTU SELEKSI :
Tanggal 1 dan 2 Juli 2011

PENGUMUMAN :
Tanggal 2 Juli 2011

PERSYARATAN PENDAFTARAN :
* Pembelian Formulir : 200.000
* Photo copy Ijazah ( 3 LEMBAR )
* Photo copy SKHUN ( 3 LEMBAR )
* Photo copy NISN ( 3 LEMBAR )
* Photo copy AKTE ( 3 LEMBAR )
* Phas Poto Hitam Putih Ukuran 3X4 ( 4 BUAH ) Putri berjilbab.

Alhamdulillah Ponpes Imam Syuhodo mendapatkan bantuan pembangunan gedung islamic centre dari Qatar Charity senilai 1 Milyar. Alhamdulillah dapat di manfaatkan dengan sebaik baiknya untuk kepentingan umat di sekitar Ponpes Imam Syuhodo Ini. Dan jumlah santri pada saat ini sudah mencapai 500 Santriwan dan Santriwati.
Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Imam Syuhodo beralamatkan di Blimbing, Wonorejo, Polokarto, Sukoharjo. telp (0271) 611556. Dan hingga saat ini Direktur Ponpes Imam Syuhodo sekaligus Ketua Umum PP ITMAM (Ittihadul Ma'ahid Al Muhammadiyah) Beliau Ustadz Yunus Muhammadi terus berjuang untuk mengembangkan keberadaan Pondok Pesantren di berbagai pelosok Daerah. Dan Pondok Pesantren Zamzam Cilongok, Banyumas  merupakan anak pertama dari Imam Syuhodo yang mengalami perkembangan cukup pesat. Semoga dengan adanya pendidikan di pesantren ini dapat mencetak kader kader Muhammadiyah yang berguna bagi Umat dan Bangsa untuk kedepannya.(Kontributor Ustadz. Arief Rahman Hakim / Ketua Bidang Kajian Dakwah Islam PD IPM Sukoharjo).
Demikian Sekilas tentang Imam Syuhodo, Semoga Menjadi Informasi Yang Membanggakan Untuk Umat Ini. Jazakumullah. (Kontributor: Arif Rahman Hakim)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Agenda" Lainnya